10 Anime Terbaik Wajib Ditonton - LEMONVIE

10 Anime Terbaik Wajib Ditonton

, , 1 comment

Film hollywood, korea, blockbuster, tv series atau semacamnya bukan satu-satunya yang saya nikmati di waktu senggang. Anime pun salah satu yang bisa buat saya ketagihan dan lupa waktu. Anime berasal dari adaptasi manga, light novel, game atau anime original yang sangat menarik karena mengusung kreatifitas dan konsep imajinasi tanpa batas (baca: liar) yang membuatnya terus-menerus dibuat tanpa henti.

Meski begitu, bukan berarti anime punya jalinan cerita solid yang semuanya mampu saya telan mentah-mentah, kebanyakan dari anime mengusung cerita yang amat klise, terbatas dan cukup banyak membosankan, kebanyakan dari anime hanya karya inferior yang berasal dari copy-paste karya anime yang lebih popular lebih dulu bahkan ada yang hanya mengedepankan sisi eksploitasi seksual dan gender yang biasa disebut fan-service dan animenya dikenal dengan genre "ecchi". Dan selebihnya, kisah cerita dalam anime pun terkadang biasa saja dan tidak terlalu istimewa, selayaknya autobiografi sang mangaka dengan kisah yang sangat sehari-hari.

Yah meski begitu Anime tetap punya "masterpiece"-nya yang ternyata masih banyak karya anime wajib tonton yang tak boleh disia-siakan. Anime masih punya nyawa untuk tetap bertahan dengan cerita yang kadang keren, pengembangan karakter, hingga hal-hal yang tidak bisa saya dapatkan di film-film konvensional atau film "real" lainnya. Berikut daftar 10 anime yang buat saya terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton atau layak tonton.

1. Full Metal Alchemist: Brotherhood
Anime adaptasi dari manga berjudul sama karya Hiromu Arakawa ini bukan hanya bisa dibilang anime terbaik, justru terlampau sempurna (perfect) untuk dikatakan anime tanpa cacat. Ceritanya berkonsep pada manusia yang memiliki kemampuan alkemis (ilmu pengetahuan yang dicampur dengan sihir). Sudut pandang ceritanya berkisah antara dua kakak-beradik, Elric bersaudara, Edward dan Alfonso yang berusaha menghidupkan ibunya yang telah mati dengan kemampuan alkemis terlarang, tapi sayang yang mereka berdua lakukan sia-sia dan menyebabkan tangan kanan sang kakak, Edward lenyap dan tubuh sang adik hilang digantikan melalui tubuh zirah dan tangan mekanik. Agar mampu mengembalikan tubuh mereka seperti semula mereka berdua berpetualang dan mencari tahu tentang batu "philosopher" misterius. Dengan latar sedikit bergaya eropa, FMA:B adalah karya yang buat saya luar biasa dan tak terlupakan. Aksi, petualangan, komedi hingga misteri bercampur aduk dengan atmosfer yang terasa begitu kental, apalagi ditambah scoring dan musik yang bikin bulu kuduk merinding. Tiap-tiap episode murni selalu tak bisa ditebak dan penuh dengan kejutan beruntun menyesakkan. Lain dari itu kisah yang terasa hidup, manusiawi, hingga mempermainkan emosi dan moral sebagai ujung tombak, inilah yang membuat anime ini terasa begitu menabok hati saya karena plot ceritanya sendiri terkesan dinamis dan langka. Dalam waktu 3 hari, dalam 64 episode, satu-satunya anime yang membuat saya bertahan tanpa peduli waktu dan makan. Sebuah anime yang sampai artikel ini dibuat belum satupun anime yang mampu menabok hati saya sekuat ini sampai endingnya pun membuat saya hampir berlinang air mata sangking mengharukan.

2. Hunter X Hunter

Hampir sama dengan Full Metal Alchemist: Brotherhood, ia adalah anime langka adaptasi manga karya Yoshihiro Togashi yang serupa sempurnanya. Kekurangan anime ini hanya terletak pada ceritanya yang belum tamat (bahkan manga aslinya yang sudah lama diluncurkan pertama kali tahun 1998), karena isu sang mangaka yang seringkali hiatus jangka panjang karena beberapa masalah kesehatan. Tapi, HXH adalah anime jenius yang mempertemukan konsep cerita yang cerdas, padat dan unik. Terlebih pendapat saya soal hiatusnya sang mangaka mungkin saja tidak dipakai untuk bermalas-malasan, justru digunakan untuk mencari ide cemerlang dalam membangun cerita dan fokus konflik yang kuat. Anime ini juga penuh kejutan, dan HXH tidak hanya berfokus pada cerita karakter utamanya saja yaitu Gon, melainkan beberapa sudut pandang kompleks tokoh sampingan lainnya pun turut diceritakan. Disamping itu, plotnya cerdik, tidak ada episode basi yang berhasil dimaksimalkan dengan beberapa gesekan konflik yang keren dan playful, tidak serta merta hanya mengandalkan teknis combat battle atau aksi semata, melainkan konteks yang lebih naratif dan manipulatif.

3. Death Note
Beda dengan dua anime barusan, Death Note lebih kepada psychological-crime-thriller dengan sedikit bumbu horror-fantasy. Takeshi Ohba dan Tsugumi Ohba adalah otak yang memberikan konsep otentik nan cerdas dalam menarasikan cerita penuh intrik dan manipulatif seperti Death Note. Saat dua orang paling jenius saling berkonfrontasi, yang satu "L" detektif paling hebat di dunia dan "Light Yagami" remaja sekolah yang tidak saja tampan, tapi orang paling cerdas setingkat nasional. Death Note adalah buku pembunuh paling berbahaya jika nama seseorang ditulis dibuku milik Shinigami (Malaikat Kematian) Ryuk tersebut maka akan mati. Light Yagami adalah tokoh sentris yang membawa pengaruh ambiguitas moral, ketika ia berkata menggunakan Death Note untuk perdamaian dunia dengan membunuh secara massive para pelaku kriminal, sedangkan L mencoba menangkapnya karena aksi pembunuhan. Kelebihan anime Death Note adalah narasi dan penceritaan yang terkesan detil dan tanpa celah, beberapa kali mampu membuat takjub. Kekurangan anime hanya terletak pada perbedaan akhir yang kurang tragis di animenya. Saya yang kontra tentu saja cukup kecewa dengan akhir yang sebetulnya sedikit tidak jauh berbeda dari konklusi aslinya.


4. Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru
Anime dengan latar belakang school life tentang tokoh pria introvert bukan barang baru di dunia manga atau anime. Mencirikan kebiasaan remaja jepang yang biasa disebut hikkikomori, mungkin ada puluhan dengan konsep cerita yang sama tentang school life ini apalagi berbarengan dengan bumbu harem. Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru (My Youth Romantic Comedy Is Wrong, As I Expected) mungkin terdengar sangat membosankan seperti judulnya yang terlampau panjang. Tapi, mungkin inilah anime drama yang paling berkesan dan paling mudah dicintai karakter utama dan sampingannya. Kisahnya sederhana dan terdengar klise, Hachiman, remaja tanggung dengan tingkah sinis terhadap kehidupan, pergaulan dan cinta. Penyendiri yang memiliki pandangan nihil soal kehidupan, tapi seorang narsis yang pintar mengkritisi lingkungan sekitarnya. Anime ini sedikit banyak mencoba mencerminkan isu sosial modern dengan cara yang sangat sederhana tapi tidak sampai tahap membosankan, juga tidak berlebihan yang sifatnya justru sama sekali tak menggurui. Anime yang didasari pada light novel karya Wataru Watari ini punya kualitas narasi yang amat cerdas dan satir mengungkapkan kasus diskriminasi gender dan kehidupan muda dengan cara yang sangat santai namun observatif. Sulit untuk menyamai anime yang satu ini, mudah dicintai. Kekurangannya? hanya desain Hachiman yang berubah di season 2, terlalu tampan, lebih suka desain lama yang agak konyol.

5. Prison School
Pada waktu menonton episode perdana saya pikir ini hanya anime bullshit yang di isi sekumpulan remaja tanggung berkelakuan cabul yang penuh dengan pikiran kotor yang suka mengintip celana dalam cewek dan parahnya ingin beraksi untuk mengintip cewek-cewek sekolah mandi dengan rencana bulus dan pintar. Melihat tingkah empat remaja yang lihat mukanya saja bikin enek lalu muncul rasa empati pada karakter wanita yang dilecehkan di anime ini. Mungkin iya mungkin tidak, Prison School mampu menggelontorkan keyakinan saya 180 derajat. Ini adalah anime ecchi-comedy ter-offensif namun juga terkeren dalam linimasa ceritanya yang sangat mixed. Konsep ceritanya yang brutal, porno, eksploitatif, absurd dan tak masuk akal, tapi lambat laun intens menceritakan plot yang sangat cerdas, menegangkan dan twisted. Dibalik parahnya fanservice, tapi Prison School sangat layak dengan gaya kisah semi-detektif dengan suntikan adiksi lelucon kotor yang memang lucu setiap episodenya. 


6. Kuroko no Basuke
Shounen yang paling digemari selain action-fantasy adalah shounen sport, beragam cerita anime dari baseball, soccer, tinju hingga basket sangat mendominasi. Selain Slum Dunk, anime basket paling terkenal adalah Kuroko no Basuke. Ceritanya tentang 5 pemain basket paling berbakat disebut sebagai "Generation of Miracles", sebutan tersebut bukan sekedar kata-kata, kemampuan dari mereka berlima bahkan tidak ada di dunia kita (nyata) selain hanya ada di anime ini. Kuroko dan Kagami adalah murid SMA baru yang bergabung di klub basket Seirin, petualangan mereka dimulai untuk mengalahkan tiap-tiap generasi keajaiban tersebut agar menjadi yang terhebat. Mendengar sedikit sinopsis tersebut mungkin kita sudah tahu anime seperti ini amat klise, tapi jangan salah, keseruan di tiap-tiap episode hingga pertandingan sangat epik, emosional dan mendebarkan. Animasi di Kuroko sangat keren dan desain karakter yang cool dan tampan menjadi daya tarik, meski kadang aksi di lapangan dengan jurus-jurus Kuroko hingga ada istilah "zone" sangatlah berlebihan dan tak masuk akal, tapi semua cukup relevan dan lumayan logis karena di Kuroko tidak ada yang mampu mengeluarkan angin ribut hingga tornado di lapangan.

7. Attack On Titan (Shingeki no Kyojin)
Saya sebetulnya cukup sungkan memberi list pada anime yang belum selesai seperti yang satu ini. Tapi, walau baru berjalan 2 season, Attack On Titan sudah cukup memukau saya dengan aksi plus konsep cerita yang tergolong mendebarkan dan mengerikan. Attack On Titan adalah anime distopia saat manusia harus berlindung di balik dinding besar bangunan dari serangan makhluk misterius berukuran besar, telanjang dan berwujud manusia yang suka memakan manusia bernama Titan. Anime ini bukan saja tentang kisah survival manusia, melainkan kental unsur psikologis dan misteri yang menyelimuti universe Attack on Titan. Anime satu ini tampil hampir tanpa kekurangan, animasi, bobot cerita, hingga perkembangan tiap karakter sangat epik. Banyak hal yang membuat tangisan dan putus asa, hingga sedikit membawa unsur politik dan kekuasaan. Satu hal, saya berharap anime ini mampu menampilkan klimaks cerita yang memuaskan di akhir, tidak bertele-tele dan animenya dibuat sesuai manganya sampai tamat.

8. Clannad & Clannad After Story
Tak banyak anime drama yang saya cintai kecuali setelah saya bertemu dengan Clannad. Meski condong ke arah komedi, romantis dan drama. Anime satu ini cukup mendorong saya untuk terus menonton tiap episodenya yang sederhana, lucu dan hangat. Menonton Clannad seperti saya sedang menikmati animasi ghibli dan film karya sutradara Hirokazu Koreeda dengan desain yang lebih "moe". Meski begitu konflik dan cerita yang diselipkan jauh lebih dewasa tentang kehidupan, keluarga, cinta, sahabat dan hubungan antar manusia dan lingkungan sekitarnya. Meski hanya memiliki sedikit unsur fantasi dan supernatural didalamnya, tapi, Clannad bukan tipikal anime dengan jalan cerita sempit. Anime ini lebih banyak memainkan emosi penonton dengan cerita yang menghanyutkan dan begitu indah, dan tentu saja saya tidak asal-asalan memasukkan Clannad di daftar ini selain karena twist ending-nya yang membuatmu "meledak", eh maksudnya tidak kuat menonton episode-episode terakhirnya dengan klimaks yang kelewat menyayat hati dan membuat rasa putus asa dan depresi.

9. Shokugeki no Souma
Bertemakan hidangan memasak, Shokugeki no Souma membuat saya tahu banyak soal makanan, sehingga cara pandang saya soal makanan yang dulu hanya tahu "lihat-santap-kenyang" sekarang mulai berubah. "Sense of taste" (bahasa saya sendiri) dalam diri saya mulai meningkat sejak menonton anime yang becerita tentang bocah lelaki bernama Yukihira Souma yang bekerja disebuah kedai makanan milik ayahnya. Ketika bisnisnya bangkrut, ia kemudian mendaftar ke sebuah sekolah elit memasak yang dikenal kejam dan hanya mampu meluluskan 10% dari siswanya. Sebetulnya anime ini sedikit disepelekan karena terlihat tampak klise dan jalan ceritanya sangat linear. Salah! Anime ini memang tampak seperti adu pertarungan lewat memasak, tapi begitu menerobos cerita lebih dalam banyak kejutan, keseruan dan ketegangan, selain hidangannya pun selalu membuat lapar. Selain desain karakter yang keren, terutama desain wanita yang kawaii. Shokugeki no Souma bukan sekedar anime tanpa dibekali referensi, menariknya masakan yang ditampilkan oleh anime ini langsung didapat melalui olahan dan resep aslinya.

10. Baka to Test to Shoukanjuu
Jika kamu butuh komedi dari sekumpulan orang bodoh dan orang pintar, anime satu ini patut ditonton. Ceritanya berpusat pada sekolah yang "mendiskriminasi" para muridnya. Mereka dibagi melalui kelas (kasta) A sampai F, para murid digolongkan sesuai nilai ujian mereka. Jika murid itu mendapatkan nilai terburuk, ia akan dimasukkan ke kelas F dengan fasilitas kelas paling hancur dan tak layak pakai, dan kelas A dengan fasilitas bak hotel berbintang mewah sesuai dengan nilai ujian yang mereka hasilkan. Akihisa sang tokoh utama mungkin adalah kebalikan dari Albert Einstein, murid paling bodoh dan polos di dunia, bersama dengan teman-teman sekelasnya, melalui sebuah perangkat sistem sekolah bernama battle summon para murid di izinkan bertarung satu sama lain agar mereka bisa lepas dari kasta terbawah. Anime ini cukup ringan namun cerdas, meski dibumbui lawakan komedi bodoh, ini salah satu anime favorit sebagai school life comedy yang anti-garing.


Demikian anime terbaik yang wajib ditonton, mungkin jikalau referensi anime saya bertambah, saya akan buat lagi di Part 2. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian dengan menekan tombol dibawah. 😃

1 comment: