REVIEW FILM: Mustang (2015)

, , No Comments
Mustang (2015)

"Bebas atau Terkekang"


Saya sangat tertarik membuat salah satu review film dari Turki ini untuk menelaah bagaimana cerita tentang lima gadis bersaudara ini menghadapi sebuah kerumitan hidup yang sangat menggoyahkan dan emosional. Sangat-sangat luar biasa bagaimana Saya bisa memberi applause setelah menontonnya. Bisa Saya katakan menyentuh, dan bisa juga membuat Saya berpikir sejenak untuk meresapi setiap bagan cerita yang bisa sangat bermakna ini.

Ini tentang lima bersaudara Sonay, Selma, Ece, Lale, dan Nur. Mereka adalah bersaudara yatim piatu yang terpaksa di asuh oleh nenek dan pamannya. Suatu hari sepulang sekolah mereka berlima bermain-main di pantai bersama beberapa teman lelaki di sekolahnya. Sepulang dari sana nenek mereka mendengar kabar bahwa mereka berlima diketahui bersentuhan dan melakukan hal tak bermoral, meski hal itu tidak serta merta mereka lakukan dengan sengaja dan hanya sedang bermain-main. Meski begitu bahwasannya lingkungan dan cara hidup agama yang di anut oleh keluarga ini sangat dalam dan juga karena tak ada lagi orang tua bagi mereka untuk melindungi para gadis ini, maka nenek dan pamannya mulai merencanakan untuk menikahkan mereka satu persatu.

gambar film mustang by lemonvie

Mungkin secara garis besar film ini membukakan mata Saya bahwa peran orang tua itu sangat besar bagi kelangsungan seorang anak, apalagi yang dibesarkan adalah anak gadis. Dengan segala bentuk globalisasi yang ada dari dulu sampai sekarang dapat berdampak kepada psikologis seorang anak, entah pengaruh itu berdampak positif atau berdampak negatif. Tapi, mungkin point ini hanya sedikit menyerempet dari kisah film ini meski pengaruh yang terjadi dalam cerita sangat besar. Bagaimana seorang remaja dengan kebebesan hidupnya dan hak untuk bertindak bercampur aduk dengan tindakkan orang tua yang posesif.

gambar film mustang by lemonvie 1

Masa remaja adalah masa dimana kesenangan dan hidup bebas itu adalah separuh kehidupan mereka, dan juga masa-masa dimana pemikiran mereka sangat labil dan secara mental pun belum dikatakan dewasa. Tetapi, kadang memang betul sebebas-bebasnya seorang remaja pastilah keresahan orang tua adalah faktor mengapa mereka menjadi posesif. Nah, disinilah hebatnya film ini mencampur adukkan segala elemen emosional antara kedua faktor tersebut.

gambar film mustang by lemonvie 2

gambar film mustang by lemonvie 3

Apalagi mengambil sisi agama yang di anut oleh orang tua asuh mereka, mau tidak mau tidak hanya rasa malu yang ditanggung oleh keluarga ini tetapi juga aturan dan hukum agama yang keras (Turki adalah negara dengan kaum mayoritas beragama Islam). Ini tentang bagaimana moralitas, hukum agama, remaja labil, dan aturan kehidupan yang kadang mau tidak mau harus ada yang dikorbankan dalam hidup. Mungkin bisa Saya bilang Saya pun mengikuti alur yang sebetulnya segmennya sederhana tapi mampu dijabarkan dengan sangat rumit tapi terkendali. Bagaimana satu persatu lima dari mereka mereka mampu diceritakan dengan sangat mengagumkan dan emosional.
 
gambar film mustang by lemonvie 4

Tapi, meski begitu tamparan keras terjadi ketika kita akan berperang batin tentang tindakkan posesif berlebihan. Pengekangan dan penjara bagi hidup seorang manusia meski dirasa yang dilakukan benar tetapi kadang bisa saja salah. Justru hal ini berakibat pada sebuah perlawanan dan penentangan.

Mustang (2015)
Mustang (2015)
Mustang (2015)

0 komentar:

Post a Comment