REVIEW FILM: The Host (2013)

, , No Comments
The Host (2013)

SINOPSIS : 

Melanie Stryder (Saoirse Ronan) merupakan salah satu dari sedikit manusia yang berhasil lolos dari serangan alien. Ketika manusia-manusia di Bumi telah dijadikan inang dan dimasuki alien ke dalam jiwanya, Melanie bersembunyi. Ia lalu bertemu dengan Jared (Max Irons) yang juga lolos, dan jatuh cinta padanya. Sayangnya, sesuatu terjadi sehingga menyebabkan Melanie tertangkap dan dimasuki jiwa alien bernama Wanderer. Wanderer dikisahkan menjalin cinta dengan Ian (Jake Abel), namun memori Melanie tentang Jared di dalam pikirannya kerap datang menghantui. Kisah cinta mereka menjadi semakin rumit saat ketiganya bertemu dan Jared berusaha mengembalikan Melanie ke dalam tubuhnya.

REVIEW (SPOILER!) :
Andrew Niccol kembali dengan fiksi-ilmiahnya setelah sebelumnya ia telah menciptakan Time is Money dalam film yang memiliki ide brilliant yaitu In Time (2011). The Host adalah karya terbarunya dari adaptasi novel Stephenie Meyer yang juga pernah menulis kisah cinta paling fenomenal manusia dan vampir, Twilight saga. Kembali dengan cinta beda dunia Stephenie kembali memasukkan unsur-unsur Twilight ke dalam The Host. Hanya saja sedikit dibumbui sci-fi dengan drama cinta segitiga yang kali ini tidak melibatkan dunia vampir, tetapi tentu saja dunia Alien.

Bagi Anda yang tak suka bahkan mencela film Twilight dengan unsur kelebaiannya tentu jangan berekspetasi dulu dengan film yang satu ini. The Host berdiri diatasnya. Setidaknya Niccol telah menggambarkan sisi elegan dalam film ini dengan hamparan tanah tandus di Amerika dan gua sebagai temanya.

Kita juga dapat menemukan artis muda belia Saoirse Ronan sebagai karakter sentral Melanie aka Wanderer (Wanda) yang setidaknya mampu tampil lebih mempesona dan lebih unggul ketimbang Stewart dengan Bella-nya. Kemampuan akting gadis cantik yang lahir 12 April 1994 ini sudah terlihat dalam beberapa film seperti Atonement (2007) dan Hanna (2011). Sosok Wanda inipun terbilang sosok yang lemah lembut dan penuh kebaikkan, sehingga sisi karakter Wanda pun memberi simpatik ketimbang Bella yang terlalu memberi kesan selalu dilindungi karena terlihat lemah.

Tema invasi alien memang sudah terasa sangat familiar dengan film-film lainnya. Kendati dengan menciptakan hubungan yang lebih harmonis antara manusia-alien layaknya E.T. The Extra-Terrestrial yang menyentuh, namun kisahnya agak lebih modern dengan balutan kisah cinta ala Twilight. Namun Sayangnya film ini dipenuhi dialog-dialog yang terasa konyol diantara Wanda dan Melanie yang terhubung dalam satu tubuh.

Apalagi ditambah hubungan antar tokoh dan konfilk yang terjadi  terasa dipercepat dan kurang realistis. Karakter-karakter lainpun rasanya kurang mendapatkan penggalian yang mengakibatkan beberapa karakter yang mati tak meninggalkan kesan apapun. Namun setidaknya karakter Wanda dan Melanie yang dimainkan Saoirse telah mendapatkan kesan tersendiri, apalagi saat terakhir Wanda yang rela mati demi manusia dan Melanie yang menyentuh.

The Host (2013)
The Host (2013)
The Host (2013)

0 komentar:

Post a Comment