REVIEW FILM: Stoker (2013)

, , No Comments
Stoker (2013)

REVIEW:
Setelah kematian seorang kepala keluarga dan sosok seorang ayah, India Stoker (Mia Wasikowska) harus menanggung kesedihan akan kepergiannya. Semenjak kejadian itu ia sekarang tinggal bersama ibunya Evelyn Stoker (Nicole Kidman) dan orang yang tak pernah ia kenal selama ini bernama Charles Stoker (Matthew Goode) yang mengaku saudara kandung ayahnya yang baru saja kembali setelah melakukan perjalanannya keliling dunia. India tak begitu percaya dengan pria misterius itu dan mulai menaruh curiga dengan gelagat pria itu dengan ibunya.

Dengan film Oldboy bertaraf internasional buatannya dulu yang sanggup memberikan kejutan mengerikan kepada penonton, kini Chan-Wook Park memberanikan diri membuat film berbahasa inggris pertamanya dengan genre serupa, yaitu Stoker. Sayangnya naskah yang telah dibuat Wenthworth Miller pun cenderung terlalu biasa dan datar. Misteri yang disajikan oleh filmnya pun malah membuat bingung dan tak ada keistimewaan yang begitu wah kepada penontonnya, itupun terasa dengan kejutan klimaks yang kurang 'wow' menurut Saya.

Dengan segala kekurangan yang terasa di naskah, beruntunglah Chan-Wook Park mampu memolesnya dengan keindahan sinematografi yang menawan. Ia membuktikan bahwa ia mampu menyajikan Cinema-art yang dapat menutupi kekurangan tersebut. Bukan hanya itu, instrumen musik karya Clint Mansell telah menyajikan ketegangan yang mampu diolah dengan sangat baik, apalagi permainan piano saat India dan Charles melakukan kolaborasi yang memukau. Lalu dibagian para pemeran utama di film ini yang terdiri dari tiga orang antara India (Mia Wasikowska), Evelyn (Nicole Kidman) dan Charles (Matthew Goode) telah tampil dengan sangat baik dan istimewa. Ibarat mereka bertigalah yang telah berperan penuh dalam eksekusi dan fondasi terkuat dengan penceritaan yang lemah.

Kita bisa menerka bahwa film ini begitu tenang dan silent, ini tercipta oleh para pemeran yang terkesan tenang dan tampil begitu minim ekspresi. Apalagi melihat hubungan ketiga pemain tersebut, hanya Nicole Kidman yang terlihat begitu ekspresif dan terlihat lebih bergerak ketimbang yang lain. Sebagai artis muda, Mia Wasikowska telah menunjukkan talentanya di dunia akting dengan penampilannya yang begitu dingin dan tenang, menjadikan kekuatan di film yang memang ditujukan untuk sebuah ketegangan. Begitupun dengan Matthew Goode dengan ketenangan dan senyumnya yang begitu mistik dan powerful telah menciptakan sosok pria tampan tetapi penuh kemisteriusan.

Park telah berhasil menciptakan nuansa gelap dan misterius di film ini, tetapi hal itu ternyata tak cukup berarti dengan gagalnya eksekusi cerita yang terbilang terlalu biasa dan familiar. Dan Saya harus memberikan applaus terhadap tiga pemeran yaitu Mia, Kidman dan Goode atas kerja keras mereka memerankan tokoh-tokoh yang terbilang bisa memberikan kesan misterius yang kuat.

Stoker (2013)
Stoker (2013)
Stoker (2013)

0 komentar:

Post a Comment